Sekayu, Musi Banyuasin - Berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin menggelar pelatihan teater dan Film di Hotel Gambo, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin sejak 14 hingga 5 Mei 2024.

Pelatihan yang melibatkan peserta dari Sanggar Seni dan Komunitas Budaya dari 15 Kecamatan di Kabupaten Muba. Pelatihan tersebut menghadirkan Agus Hermanto, SPd MHum (Narasumber Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Tenaga Bidang Kesenian, Tradisi, Sejarah dan Perfilm Dit PTLK Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia).

Kemudian Hasan MSn, (Narasumber Teater sekaligus Dosen Seni Pertunjukan dan sebagai Ketua Dewan Kesenian Palembang), serta Jimmi Peter (Narasumber Film Dokumenteris, Film Maker dan Konten Kreator).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr Iskandar Syahriyanto MH melalui Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukarni SAg MSi, pada pembukaan pelatihan mengajak para peserta agar memperhatikan dengan seksama pelatihan tersebut.

"Mari tingkatkan kualitas dalam memajukan kebudayaan, pada pelatihan seni teater dan film ini. Manfaatkan kesempatan untuk menimba ilmu dengan sebaik mungkin," harapnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Henri. S.Pd., M.Si dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan pelatihan tersebut adalah mendukung Program Pemerintah dalam usaha pemajuan kebudayaan khususnya dalam bidang film dan teater.


Kemudian Memberikan sosialisasi dan pemahaman mengenai teater dan film kepada anggota sanggar seni, komunitas film dan teater dari kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Menjalin koordinasi dengan lembaga terkait agar terciptanya sinkronisasi dalam usaha pemajuan kebudayaan. Agar dapat menghasilkan suatu karya film dan seni teater yang sempurna" ungkapnya.


Dalam kegiatan tersebut para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan Teater dan film pertama kali di Muba ini.


Hal tersebut di ungkapkan oleh salah satu peserta, Dwi Cahyo Andika, yang mengaku dirinya sangat senang mengikuti pelatihan ini.


"Momen ini sudah lama dinantikan, terima kasih kepada pelaksana kegiatan pelatihan. Dengan pelatihan ini, kami bisa meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kami," ungkap penggelut Seni Teater ini.


Terpantau, dalam kegiatan Pelatihan Teater dan Film ini dihadiri oleh Sekretaris Dikbud, Kepala Bidang Kebudayaan, Tenaga Permuseuman Muba, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI Sumsel, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Muba serta Ketua Pemangku Adat Kabupaten Muba.

Share To:

redaksi

Post A Comment: