Sekayu, Musi Banyuasin - Dalam rangka melestarikan tradisi budaya, Sanggar Putri Sak Ayu dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin, membuka program latihan bela diri kuntau. Latihan ini terbuka untuk umum dan dilaksanakan setiap minggu pagi pukul 8 di dua lokasi yakni gedung pertemuan Desa Lumpatan I dan Halaman Museum Penghulu Muhammad Soleh.

Adapun latihan kuntau ini akan dipimpin oleh pelatih berpengalaman, yaitu Rusli Damai dan Muhammad Isa. Kuntau merupakan seni bela diri tradisional khas masyarakat Musi Banyuasin.

"Kita buka untuk umum, jadi siapapun yang ingin ikut latihan kami persilahkan untuk datang di dua lokasi tersebut." Ujar Rusli Damai.

Dirinya mengaku, cukup banyak orang yang hadir dan mengikuti latihan ini, meskipun pelaksanaan latihan tersebut dilakukan dibawah terik sinar matahari.

"Kita bersyukur, karena minat anak-anak cukup tinggi, hal itu tentu saja membuat kita semakin semangat menggelar latihan ini." Ungkapnya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin Dr. Iskandar Syahriyanto MH melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Henri SPd MSi, menuturkan bahwa langkah tersebut diambil, dikarenakan saat ini sudah sangat sedikit masyarakat yang mengenal Kuntau. "Terkhusus kalangan anak-anak, mereka banyak tidak tau, mungkin mereka hanya tau namanya saja Kuntau, tapi tidak tau kuntau itu sendiri apa, inilah yang menjadi salah satu dasar kita melakukan ini." Tutupnya.

Share To:

redaksi

Post A Comment: