Sungai Keruh - Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Musi Banyuasin, Ahmad Toyibir, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Perkebunan Kelapa Sawit Sinar Mas Sejahterah (SMS) Divisi 5 Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (09/11/2023). 

Sidak dilakukan dalam rangka menyikapi kebakaran hutan (Karhutla) di Kabupaten Musi Banyuasin yang di dominasi lahan Perkebunan Kelapa Sawit. Kepala Dinas Perkebunan Muba, Toyibir menggelar kegiatan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah perusahaan yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin.

Pada sidaknya kali ini, Kepala Dinas Perkebunan Muba bersama jajarannya mengunjungi PT Sinar Mas Sejahtera (SMS) Divisi 5 di Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam inspeksinya, Toyibir menemukan sejumlah catatan di antaranya belum lengkapnya sistem proteksi kebakaran. Seperti tidak siap nya regu pemadam api, baik dari pelaratan sepatu dan baju sebagainya serta regu pemadam pun masih tumpang tindih atau dobel job dalam bekerja dan belum ada pelatihan mengenai cara memadamkan api.

"Kami mengimbau agar perusahaan benar- benar siaga dan segera melengkapi cacatan yang sudah di berikan, dan regu pemadam kebakaran harus di latih dan di bekali kemampuan serta pelatihan dalam memadamkan api" jelas Toyibir.

Selanjutnya, Toyibir juga menambahkan, sidak ke sejumlah perkebunan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin rencananya masih akan terus dilakukan Dinas Perkebunan Muba dalam waktu dekat ini.

"Upaya ini kami lakukan agar kedepan kejadian kebakaran di Kabupaten Musi Banyuasin bisa Zero bahkan tidak terjadi lagi," tegasnya. 

Disisi lain pihak perusahaan, Novianto sebagai asissten manager di divisi 5 mengatakan akan segera melengkapi saran dan cacatan yang telah di berikan Dinas Perkebunan Musi Banyuasin.

"Siap pak, segera kami lengkapi dalam waktu dekat dan ketika bapak kesini lagi sudah lengkap" tutupnya. (Aceng)

Share To:

redaksi

Post A Comment: