Sekayu, Musi Banyuasin - Ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, menyaksikan Festival Randik XIX yang digelar di Lapangan Gelanggang Remaja, Sekayu, pada Jumat (29/9/2023) malam. Festival ini merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Muba ke-67.

Pembukaan festival sendiri telah dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Muba Apriyadi pada (28/8/23) malam. Dalam sambutannya, Apriyadi mengatakan bahwa Festival Randik merupakan salah satu kekayaan budaya Muba yang harus dilestarikan.

"Festival Randik merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Muba yang harus kita lestarikan. Melalui festival ini, kita dapat memperkenalkan budaya Muba kepada masyarakat luas," kata Apriyadi.

Dalam festival ini, digelar berbagai lomba seni dan budaya, seperti lomba lomba tari tradisional, lomba lagu daerah, dan dan juga pertunjukkan kesenian teater. Selain itu, juga digelar pergelaran seni budaya dari berbagai komunitas dan sanggar seni di Muba.

Salah satu pengunjung festival, Siti Aminah (45), mengaku sangat senang menyaksikan Festival Randik. Dia mengatakan bahwa festival ini merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan budaya Muba kepada generasi muda.

"Saya sangat senang bisa menyaksikan Festival Randik. Festival ini sangat menarik dan dapat memberikan edukasi kepada generasi muda tentang budaya Muba," kata Siti Aminah.

Hal senada juga disampaikan oleh Nurman (15) salah satu pelajar SMA di Kabupaten Muba, mengatakan bahwa ia sengaja datang ketaman Gelanggang Remaja untuk menyaksikan jalanya lomba di Festival Randik. “Kebetulan saya senang dengan kesenian tradisional, meski ditahun ini saya tidak ikut terlibat dalam perlombaan tapi hadirnya saya ke lokasi jalanya Festival Randik ini, untuk ikut meramaikan acara tahunan ini.” Katanya.

Sementara Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin Dr.Iskandar Syahriyanto,M.H. Melalui Kabid Kebudayaan Henri,S.Pd.,M.Si., Festival Randik XIX berlangsung selama empat hari, yaitu pada 28 September – 1 Oktober 2023. Pada hari keempat festival, digelar acara puncak, yaitu penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba.

“Festival ini akan ditutup dengan dilaksanakanya penyerahan hadiah kepada para pemenang.” Tutupnya.

Share To:

redaksi

Post A Comment: