Lais, Musi Banyuasin – Tubuh Bugar dan sehat adalah modal awal tumbuh kembang Manusia untuk Sumber Daya Manusia yang Sehat pula.

Salah satunya dengan memberikan Vaksin MR (Measles) Rubella merupakan vaksin hidup yang dilemahkan (live attenuated) berupa suatu serbuk kering dengan pelarut. Melalui vaksin MR, tubuh dapat terbantu untuk mengenal dan membentuk kekebalan (antibodi) untuk melawan virus penyebab campak dan rubella.

Nah menurut Kepala Puskesmas Lais Leli Hepni S.KM.MKes Vaksin ini wajib diberikan pada anak, mulai dari usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun.

Menurut Leli, Upaya pencegahan ini sudah dilakukan dengan Pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) MR bagi siswa Kelas 1 dan HPV Kelas V di SDN POM dan SDN Talang duku Tesa Teluk kijing III, pada Selasa (6/9/23).

“Imunisasi atau Pemberian vaksin MR supaya mendapatkan kekebalan atau perlindungan dari penyakit infeksi serta mencegah penyakit Campak dalam jangka panjang di berikan kepada siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Tambahnya.

Sementara itu, pemberian vaksin HPV (Human Papillomavirus) diikuti oleh peserta didik putri kelas V.

Leli menjelaskan bahwa vaksin HPV ini adalah jenis vaksin yang memiliki fungsi untuk mencegah infeksi virus HPV atau secara umumnya penyakit menular seksual (PMS).

HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, termasuk kutil kelamin. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit penderita,

“Alhamdulillah, anak – anaknya pemberani dan ceria ketika diimunisasi, walaupun awalnya beberapa ada yang takut, namun melihat teman – teman sebelumnya tidak merasakan sakit saat vaksin memberikan pengaruh positif bagi temannya menjadi pemberan.” Tutupnya.

 

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: