Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Ribuan orang tumpah ruah di lapangan Sepak Bola yang berada di dusun 5 desa Pulai Gading, kecamatan Bayung Lencir, Muba, Jumat (1/9/2023).

Dibawah maupun diluar tenda berbalut kain berwarna merah putih, tampak ternyata warga termasuk para pedagang keliling menyaksikan gelaran peringatan hari ulang tahun (HUT) desa Pulai Gading ke 95 tahun.

Acara diawali dengan sambutan sejumlah tokoh masyarakat, kepala desa, serta pejabat desa lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan penghargaan kepada para tokoh masyarakat yang pernah menjabat sebagai kepala desa Pulai Gading.

Pada sesi ini, haru bahagia mewarnai panggung acara ketika pemberian sebuah plakat dan kado sebagai tanda penghargaan atas pengabdiannya kepada desa. Cinderamata ini diberikan secara langsung oleh kepala desa Pulai Gading yang saat ini menjabat.

"Tanpa bapak-bapak kita ini, tidak ada pembangunan di desa Pulai Gading ini, jasa beliau-beliau ini jangan sampai kita lupakan.

Sejarah harus tetap dikenang sebagai pemecut kita semua untuk lebih keras lagi membangun desa," ujar Kades Pulai Gading, Sulaiman sembari menyerahkan cinderamata dan memeluk para pendahulunya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemuda yang telah berhasil meraih prestasi di bidang pencak silat. Pemberian piala pada pemenang lomba HUT RI ke 78, serta pemberian santunan kepada anak yatim dan piatu tanpa memandang agama.

"Iya, inilah indahnya di Pulai Gading, tanpa memandang agama. Perbedaan adalah penguat kita untuk bersatu, bukan untuk terpecah belah," ujar pria yang akrab disapa Leman ini.

Usai pemberian santunan, para pegiat seni budaya pun menampilkan kesenian tari khas Sumsel, tari Bali diiringi musik dari alat musik tradisional Bali, serta penyambutan menggunakan gerakan silat dari 2 perguruan silat kepada Camat Bayung Lencir.

Berlanjut pada sesi pengundian kupon berhadiah yang berhadiah utama mesin cuci, dan hadiah menarik berupa peralatan listrik dan peralatan rumah lainnya.

Sorak gemuruh massa semakin riuh ketika Camat Bayung Lencir menambah hadiah kupon berhadiah berupa uang tunai sebesar 2 juta rupiah untuk 4 orang.

Dipenghujung senja, pendistribusian dana bantuan langsung tunai menjadi penutup rangkaian acara peringatan HUT desa Pulai Gading sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI ke 78.

Kepada mubaonline.com, Leman mengaku suksesnya rangkaian acara kompilasi ini tidak lepas dari jerih payah jajaran panitia dan segenap pemerintah desa serta dukungan penuh warga masyarakat Pulai Gading.

"Di tanah ini, dilapangan yang kita kerjakan dan maksimalkan fungsinya ini tanpa menggunakan anggaran negara, Alhamdulillah kita semua hari ini bisa merasakan manfaatnya, ada siklus ekonomi dari warga masyarakat Pulai Gading, terutama bermanfaat bagi para pedagang keliling. Terimakasih semua yang terlibat, semoga ini menjadi amal pahala bagi kita semua," ungkapnya.

Dampak dirasakan pun datang dari warga masyarakat, salah satunya Nurhadi, menurutnya sejak sebelum merdeka desa Pulai Gading ini lahir, baru tahun ini dapat dilaksanakan peringatan ulang tahun desa.

"Alhamdulillah kami berterimakasih kepada kades dan jajaran bisa menghadirkan acara yang bisa juga menjadi wadah unjuk bakat bagi adik-adik kami para pesilat," ujar Nurhadi, pengurus organisasi pencak silat PSHT.

 

 

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: