Sekayu, Musi Banyuasin - Koleksi benda-benda bersejarah Kabupaten Muba di Museum Penghulu Muhammad Soleh kini kian beragam, terbaru di museum yang kerap di jadikan sebagai tempat pengenalan beragam jejak budaya peradaban kebudayaan kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

 

Museum Penghulu Muhammad Soleh pada selasa, 06 Juni 2023 kembali menerima hibah kali ini hibah benda - benda koleksi Pribadi dari H. Chandra Amprayadi, SH. (Kepala UPT Museum Negeri Sumatera Selatan) berjumlah 12 benda berupa, (1). Guci stoneware dinasti song, (2). Guci stoneware dinasti song, (3). Guci stoneware dinasti song, (4). Pasu stoneware dinasti song, (5). Kendi gerabah dinasti tang, (6). Mangkuk stoneware dinasti song, (7). Mangkuk semi porselen dinasti qing, (8). Mangkuk shufu dinasti yuan, (9). Mangkuk semi porselen dinasti qing, (10). Mangkuk semi porselen dinasti ming, (11). Mangkuk porselen dinasti ming, (12). Mangkuk semi porselen dinasti qing.

Benda tersebut diserahkan oleh Adie Citra Sandy, S.Sos Kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan Dr. Iskandar Syahrianto, MH yang diwakili oleh Kabid kebudayaan H. Muardi, S.P.d., MM Melalui Pamong Budaya Hendri, S.Pd., M.Si bertepatan dengan Pelatihan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman di Museum Penghulu Muhammad Soleh Kabupaten Musi Banyuasin.

Kabid Kebudayaan H. Muardi., S.Pd., MM. kami bidang kebudayaan sangat - sangat membutuhkan berbagai sumbangan hibah benda bernilai sejarah, dan bagi semua kalangan dan lapisan masyarakat jika mempunyai barang-barang bernilai sejarah, jika ingin di hibahkan ke museum ini kami terbuka seluas luasnya, Katakanlah kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi. Ungkap Kabid Kebudayaan

Sementara itu Hendri S.Pd., M.S.i Pamong Budaya mengatakan sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada Bapak H. Chandra Amprayadi, SH yang telah menghibahkan benda-benda peradaban yang bernilai sejarah tinggi, sehingga benda benda ini nantinya menjadi koleksi museum penghulu muhammad soleh sebagai sarana edukasi dan pengkajian nilai sejarah. Tutup Hendri

Penyerahan lansung di ikuti oleh tanda tangan berita acara serah terima barang dan di saksikan oleh Pamong Budaya, Staf Kebudayaan, Tim Pendataan Cagar Budaya, Tenaga Permuseuman, dan Komunitas Budaya.

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: