Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Allahuakbar.... Allahuakbar.... Allahuakbar.... begitulah suara takbir yang dikumandangkan oleh semua masjid dalam Kecamatan Bayung Lencir, dan akan ada prosesi penyembelihan hewan qurban setelah pelaksanaan shalat ied.

Seperti yang terjadi di Masjid Nurul Iman Rt 9 Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir, Muba Kamis (29/06/23) pagi, usai melaksanakan shalat ied Panitia Qurban Masjid Nurul Iman dengan sigap langsung menyembelih hewan qurban yang sudah di serahkan ke panitia oleh beberapa warga masyarakat sekitar.

Tokoh Pemuda Bayung Lencir Novriadi Sjamsuri SH MKn mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Bupati Musi Banyuasin melalui Camat Bayung Lencir, maka pihaknya membagikan hewan kurban tanpa menggunakan kantong plastik, melainkan Besek bambu dan keranjang bambu yang dibeli dari pengrajin dibawah binaan Organisasi Ikatan Pasundan Bersatu (IKPB) yang ada dikecamatan Bayung Lencir.

"Alhamdulillah proses pembagian daging hewan kurban ini, berjalan dengan lancar dan tertib, sedikitnya ada 400 paket daging yang kita salurkan. dari 2 ekor sapi dan 13 ekor kambing" katanya.

Sementara Wa'ela (34) salah satu warga penerima daging kurban ketika dibincangi perihal pendapatnya tentang bungkus daging kurban yang menggunakan besek bambu bukan plastik kresek mengatakan, bahwa besek bambu tentu saja lebih baik dari kantong kresek.

"Jika kantong kresek, habis dipakai langsung dibuang, tapi kalau besek bambu, bisa dipakai lagi untuk tempat menyimpan bumbu dapur, selain itu setahu saya penggunaan besek bambu bisa mengurangi daging menjadi cepat busuk, karena ada sela udar di besek bambu." tuturnya.

Share To:

redaksi

Post A Comment: