SEKAYU - Koleksi Museum Penghulu Muhammad Soleh Sekayu kini semakin beragam. tidak hanya benda-benda bersejarah asli Bumi Serasan Sekate namun juga beberapa benda sejarah dari luar daerah.

Terbaru, Museum Penghulu Muhammad Soleh sudah di lengkapi beberapa benda bersejarah pada masa dinasti. seperti Guci dan Mangkok masa Dinasti Tang, Dinasti Sung dan Dinasti Ming.

"Museum Muhammad Soleh mendapatkan hibah beberapa guci dan mangkok masa Dinasti Tang, DinastiSung dan Dinasti Ming dari Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) dan Taman Budaya Sriwijaya H Chandra Am-prayadi SH,"kata Kepala Disdukbud melalui Kabid Kebudayaan, H. Muardi, S.Pd, MM.

Hibah dan mangkok itu di terima oleh Pamong budaya bidang kebudayaan dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Muba, Henri,S.Pd,M.Si.

Dengan bertambah koleksi Musuem, sambung dia tidak hanya membuat keberagaman jenjs koleksi yang melainkan mampu meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berkunjung Museum Penghulu Muhammad Soleh.

"Demikian juga dengan masyarakat lokal (Asli Muba) jika memiliki benda-benda bersejarah di harapkan untuk bisa menyerahkan ke Museum Penghulu Muhammad Soleh baik itu dalam bentuk hibah atau pun titipan. agar benda-benda tersebut bisa terjaga, terawat dan mampu menyampaikan nilai sejarah kepada masyarakat luas,"pungkasnya.

 

Share To:

redaksi

Post A Comment: