Plakat Tinggi, Infosekayu.com - Maju atau tidaknya PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) di suatu desa ditentukan oleh keberadaan kelompok Dasa wisma. Kelompok Dasa wisma merupakan unit terkecil PKK yang berada di dalam satu RT (Rukun Tetangga) di desa.


 
Kelompok ini terdiri dari 10 -20 Kepala keluarga (KK) yang diketuai oleh salah seorang dari mereka yang dipilih diantara 10-20 Kepala keluarga tersebut, untuk membantu kelancaran tugas PKK Desa/kelurahan melalui kelompok PKK RT yang bersangkutan dalam melaksanakan Program PKK di lingkungannya. 

“Kelompok Dasa Wisma merupakan ujung tombak maju atau tidaknya PKK di suatu desa” ujar ketua TP PKK kabupaten Muba, Hj Thia Yufada Dodi saat membuka kegiatan pembinaan TP PKK dalam kecamatan Plakat Tinggi , Rabu (30/8/2017), bertempat di Kantor Kecamatan Plakat Tinggi. 

Menurutnya, sebagai ujung tombaknya PKK di satu RT dalam suatu desa, karena memang kelompok ini berada pada garda terdepan di lapangan, yang lebih tahu dan kenal dekat kondisi masyarakat yang dinaunginya adalah para ketua dan anggota kelompok Dasa Wisma. 

Pada kesempatan itu seusai pembinaan materi, Ketua beserta rombongan TP PKK Kabupaten di ajak TP PKK desa dan kecamatan mengunjungi Taman Dasa wisma dan Kebun Gizi hasil kelolah kelompok Dasawisma Desa Sido Mukti. 

“Yang tahu persis warganya, pasti para ketua di tingkat desa dan anggota kelompok Dasa Wisma, oleh karena itu para anggota agar terus berinovasi untuk aktif menggerakkan program PKK, Desa Sido Mukti sudah cukup bagus, ayok untuk desa lainnya dicontoh, bikin juga berbagai kreatif yang tentunya nanti bisa memajukan TP PKK, " imbuhnya di sela kunjungi Kebun Gizi Desa Sido Mukti.

Ditambahkannya, selain hal tersebut, kelompok ini juga berperan sebagai ujung tombak pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dengan pemerintah sebagai mitra dengan tugas pokoknya sebagai pencatatan dan pelaporan data warga yang dinaunginya, pembinaan serta penggerakan. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Plakat Tinggi, H Atiawati Siswandi merasa bersyukur, sangat antusias dengan penjelasan narasumber dari TP-PKK Kabupaten Muba terkait kelompok dasa wisma program PKK. (Mel)
Share To:

redaksi

Post A Comment: