Infosekayu.com - Seiringnya perkembangan jaman makan menggunakan tangan mungkin sudah jarang dilakukan karena sudah terdapat alat makan yang praktis tanpa mengotori tangan seperti sendok dan garpu. Meskipun begitu, sebagian dari mereka masih banyak yang memilih untuk meneruskan tradisi makan memakai tangan langsung. Padahal makan menggunakan tangan kanan  memiliki manfaat kesehatan.

1. Membantu mencegah diabetes tipe 2

Terdapat sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, menemukan bahwa orang yang mengidap diabetes tipe 2 kemungkinan orang yang makan cepat dengan menggunakan alat makan, dibandingkan orang yang tidak mengidap penyakit tersebut. Sebaiknya bagi kamu yang merasa makan suka cepat-cepat tidak menggunakan alat makan melainkan menggunakan tangan langsung.


2. Bermanfaat menjaga diri dari gangguan makan
Dengan makan menggunakan tangan langsung dapat mencegah gangguan makan atau binge eating. Seperti yang ditemukan oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology, dengan cara seperti ini dapat membantu anak-anak mereka yang berusia 8 hingga 12 tahun yang mengalami kelebihan berat badan bisa diatasi dengan latihan makan dengan cara menggunakan tangan langsung. Hal ini jelas jelas memberikan dampak baik bagi kesehatan mereka.


3. Mencegah makanan berlebihan saat di restoran
Sebuah studi menunjukan jika wanita usia usia paruh baya yang makan di luar lebih menggunakan tangannya untuk makan, ternyata tiga kali lipat lebih perhatian terhadap makanannya. Cara seperti ini mampu mengurangi masalah asam, dan disisi lainnya mereka bisa menikmati makanan tersebut tanpa ada rasa cemas akan bertambahnya berat badan mereka.


4. Memperbaiki pencernaan
Seperti yang diketahui bahwa manusia memiliki beberapa bakteri yang dikenal flora normal dan biasanya terdapat di telapak dan jari-jari tangan. Tetapi hal seperti ini tidak berbahaya bagi manusia, malah melindungi kamu dari berbagai mikroba berbahaya yang terdapat di sekitar lingkungan kamu.



5. Cara ampuh untuk ramping
Para peneliti di Selandia Baru, mengatakan bahwa wanita yang makan ketika lapar saja memiliki berat badan ideal ketimbang yang makan tak pakai aturan, yang ditelitinya pada wanita paruh baya lebih dari 1.600. Tetapi penemuan dua studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite ini menunjukkan ketika orang makan menggunakan tangan sambil membaca Koran atau menonton televise kemungkinan jarang lapar dan hanya sedikit memakan cemilan.
Jadi, hal ini terbukti bahwa makan menggunakan tangan dapat membantu kamu untuk merasakan sensasi kenyang dibandingkan makan menggunakan sendok atau garpu.(LS)
Share To:

redaksi

Post A Comment: