Turki, Infosekayu.com - Gulat Unta adalah olahraga tradisional yang sangat populer di sepanjang pantai barat Turki, di mana unta jantan dari desa setempat akan bergulat satu sama lain di stadion terbuka.


Unta di dandani semenarik mungkin, sadel diukir, diberikan lonceng dan Unta di bawa berjalan melalui jalan–jalan desa, disertai dengan iringan musik dan tari. Tak kalah dengan Unta miliknya, sang pemilik Unta juga mengenakan topi kotak – kotak, syal adat di leher, jaket, celana khusus dan sepatu bot.

Pada malam sebelum turnamen, para pemilik unta yang ikut serta dalam turnamen akan datang kesebuah tempat pertemuan yang sengaja diadakan untuk menyambut acara tahunan ini. Dihadiri oleh pemilik unta dan pecinta gulat Unta di mana mereka dapat bertemu teman baru atau kenalan lama sambil menikmati makanan, minuman dan bersenda gurau.

Masalah terbesar dalam gulat unta adalah Unta tidak terbiasa untuk bertarung satu sama lain. Akibatnya, gulat unta lebih mirip acara komedi, karena kebanyakan Unta akan menolak bertarung dan melarikan diri sepanjang arena. Kejar – kejaran antara Unta dan sang pemilik menjadi daya tarik dari Gulat Unta ini.

Untuk mengatasi hal ini, Gulat Unta sengaja diadakan selama musim kawin, ketika unta jantan sangat ingin menarik perhatian Unta Betina dan rela melakukan apapun untuk mendapatkan perhatiannya, termasuk bertarung. Untuk mendorong unta bergulat, seekor Unta betina akan di hadirkan untuk memancing kedua unta jantan bertarung.

Untuk memutuskan kemenangan dalam gulat Unta. Unta yang lari dari Unta lawan dinyatakan kalah dan yang tetap berdiri pada tempatnya dinyatakan sebagai pemenang. Pertandingan berlangsung tidak lebih dari 10 menit.

Gulat Unta sendiri berasal dari tradisi suku-suku Turki kuno lebih dari 2.400 tahun yang lalu, gulat unta ini mungkin dimulai sebagai bentuk persaingan antara kafilah pengembara di Timur Tengah. (Melati_vggv)
Share To:

redaksi

Post A Comment: