Infosekayu.com - Ketika berpuasa selama bulan Ramadan,tentu Anda menghadapi banyak tantangan.Cuaca yang terik atau kondisi daya tahan rentan menurun adalah tantangan berpuasa selain cobaan menggoda iman. 

Berikut gaya hidup sehat selama Ramadan agar puasa lancar

Apa yang terjadi pada tubuh selama puasa?
Tubuh masuk ke dalam keadaan puasa 8 jam setelah sahur. Selama periode tersebut, glukosa yang merupakan sumber energi tubuh mulai terkuras dan lemak menjadi penggantinya. Untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan ini tergantung pada apa yang Anda konsumsi. Makanan yang padat gizi akan membantu Anda mempertahankan kondisi tubuh selama berpuasa.

Buka puasa sehat
Kurma merupakan sumber gula alami dan potasium yang dapat menggantikan hilangnya energi selama berpuasa. Selain itu, kombinasi karbohidrat, protein, buah-buahan dan sayuran harus dimasukkan dalam menu berbuka puasa sehat Anda. Kemudian, cobalah untuk menghindari makanan yang digoreng. Ini adalah cara yang ideal untuk menjaga keseimbangan nutrisi setelah melewati puasa
.
Kurangi kebiasaan buruk perlahan
Ketika puasa, perokok, pecandu kafein seperti kopi, teh dan soda memiliki peluang untuk mengurangi kebiasaan buruk mereka. Meski sangat sulit menghilangkan kebiasaan ini secara langsung, selalu ada kesempatan untuk mengubahnya secara perlahan.

Aturan makan dan porsi
Jangan sampai melewatkan sahur. Jika Anda tidak memiliki nafsu makan yang besar, maka segelas susu, beberapa kacang-kacangan dan kurma menjadi rekomendasi pilihan.

Bagi mereka yang makan makanan berat, makan roti dengan telur atau ayam sangat ideal. Buah dan sayuran juga sangat bermanfaat, serta minum setidaknya 2-3 gelas air putih sebelum mulai puasa.(LS)
Share To:

redaksi

Post A Comment: