Infosekayu.com - Puasa Ramadan merupakan ketentuan yang sudah ada dalam rukun islam yang keempat,di mana telah menjadi ibadah wajib umat muslim di seluruh dunia untuk melaksanakannya.Tak hanya sekedar menahan lapar dan haus,orang yang menjalankan puasa juga harus menahan nafsu untuk menjauhi beberapa rintangan puasa yang sudah akrab dijalani setiap pemeluk Islam.
berikut adalah fakta-fakta unik seputar bulan puasa yang belum banyak orang tahu :
1. Perbedaan durasi puasa yang berbeda-beda disetiap Negara
Posisi titik koordinat suatu negara terhadap matahari mengakibatkan perbedaan durasi hari dan kapan matahari terbit dan terbenam. Muslim yang berpuasa di negara-negara tersebut juga harus menyesuaikan puasa mereka berdasarkan lamanya hari. Seperti contoh di Timur Tengah dan Indonesia berpuasa sekitar 15 jam, di Argentina muslim menikmati puasa sekitar 10 jam dan di Swedia dan belahan dunia utara harus berpuasa hampir 24 jam sehari.
2. Bulan berbagi kebaikan dan sedekah
Di bulan Ramadan banyak muslim berlomba-lomba saling berbagi harta mereka. Dan untuk melakukan kebaikan ini banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya melalui sedekah makanan pembuka puasa yang kerap di sediakan di masjid-masjid atau tepi jalan raya. Kemudian menjelang bulan Syawal, muslim mensedekahkan 2,5 persen kekayaan yang mereka miliki melalui zakat. Sehingga di bulan ini adalah bulan yang baik untuk berbagi sekaligus membantu mengentaskan kemiskinan suatu negara.
3. Awal puasa berubah-ubah dan berbeda
Sebelum menjalani ibadah puasa, biasanya pemerintah Indonesia akan menggelar sidang isbat yang bertujuan untuk menghitung awal bulan Ramadan sesuai standar perhitungan dan kesepakatan golongan. Dikarenakan di Indonesia sering terdapat perbedaan ketentuan perbedaan awal puasa antar golongan. Puasa yang dijalankan berdasarkan ketentuan perhitungan hisab atau rukyat biasanya berkisar antara 29 atau 30 hari.
4. Jam Kerja Berkurang
Di bulan ramadhan, biasanya ada beberapa perusahaan memperlakukan aturan baru yang disesuaikan dengan kegiatan ibadah puasa. Salah satunya meniadakan istirahat sehingga jam pulang kantor menjadi lebih awal.
5. Larangan tertentu untuk warga non muslim
Di beberapa Negara islam, seperti contohnya Arab Saudi,memberikan sanksi yang tegas dan keras kepada setiap wisatawan asing yang non muslim untuk tidak makan, minum ataupun merokok di ruang publik. Sanksi tegas yang dilakukan pemerintah sana, tak main-main yakni berupa denda, deportasi atau yang lebih parah bisa dipidana.(LS)
Share To:

redaksi

Post A Comment: