Kecamatan Sekayu, Infosekayu.com - Kini telah hadir di Kota Sekayu Bruge Sekayu Mini Zoo yang merupakan Kebun Binatang Mini yang dinamai "Bruge" lantaran filosofis Ayam Bruge yang diyakini sebagai ayam hutan khas  berperawakan mungil nan cantik  tetapi memiliki sifat pemberani yang membuat siapa saja tertarik ketika melihatnya. Tercetusnya Bruge Mini Zoo ini diakibatkan oleh timbulnya suatu Ide nan brilian Seorang Putra Daerah Asli Musi Banyuasin Yakni M. Taisir Gunawan, S. Sos, M.M yang tak lain adalah Camat Sekayu saat ini.     

memang saat ini masyarakat Musi Banyuasin khususnya kota Sekayu saat ini begitu membutuhkan sarana hiburan yang edukatif dan bernilai positif. Sebenarnya telah lama Pak Camat ini mempunyai ide ingin membuat kebun binatang seperti ini, hingga diakhir tahun 2016 tepatnya diawal tahun baru 2017 cita-cita mulianya ini secara perlahan mulai terwujud dan masih bertahan hingga sekarang. 

tujuan dengan adanya Bruge Sekayu Mini Zoo ini bisa jadi icon destinasi wisata alternativ dan membuat daya tarik bagi kota sekayu sekaligus bermanfaat bagi anak-anak yang ada di Musi Banyuasin khususnya di Kota Sekayu ini tak hanya tahu wujud dari satwa-satwa lewat gambar atau televisi saja melainkan anak-anak nantinya dapat melihat secara langsung wujud real satwa-satwa yang selama ini hanya sebatas imajinasi di benak mereka saja sebagai bahan edukasi serta hiburan bagi mereka. 

Karena rasa yang timbul akan jauh berbeda saat anak-anak tersebut menyaksikan langsung beragam satwa tersebut dibandingkan hanya menyaksikan lewat buku dan televisi saja. 

"Dengen adenye Kebon Binatang mini ikak aku beharap anak-anak tuh pacak tau nak mane bentuk aslinye satwa-satwa yang selame ikak yang cuma pacak saksike di buku atau TV bae,   dem tuh pulek anak-anak tuh tau persis, oh,.. mikak atau oh,.. mitu bentuk satwa  yang sebenoknye karene lah nelek langsung tadi tuh." tutur Pak Camat dengan begitu semangat.

selain itu dia juga berharap kedepan koleksi Bruge Sekayu Mini Zoo akan semakin beragam. Dan perlu diketahui semua satwa koleksi kebun binatang mini tersebut kebanyakan didapat dari sumbangan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Musi Banyuasin, dimana saat ini koleksi Bruge Sekayu Mini Zoo berjumlah kurang lebih sekitar 17 Jenis Satwa yang ada. Adapun beberapa satwa tersebut diantaranya adalah burung sapu langit, wewe, siamang, beruang madu, buaya, ular, musang, kera putih (Hanuman), beragam jenis unggas seperti burung perpaku, kutilang dan tentunya adalah sesuai namanya yaitu ayam beruge. 

"Semoga kedepan Bruge Mini Zoo pacak nambah koleksi satwa yang ade, seperti satwa-satwa unik lainnye contohnye ruse totol yang seragi di Bogor tuh, dem tuh anak gajah, atau kalu pacak kitek usahake anak harimau supayo betambah lengkap. Ngape kebanyakan Bruge Sekayu Mini Zoo ikak ndak ngingon satwa dai anakan? Itu dikareneke suapayo resiko atau tingkat kebuasan (kebahayoannye) agak kurang, jadi amon lah besok satwanye  sebagai tindak lanjute kitek pacak distribusike ke kebon binatang yang lebih besok lagi."
tuturnya.
Burung Sapu Langit
Buaya
Ular Sanca/ Sawe

Kemudian Tim Infosekayu.com juga menanyakan beberapa hal kepada beliau seperti apakah kebun binatang mini ini sudah mendapatkan legalitas?, lalu biaya perawatan serta pakan satwa tersebut dari mana?.  Ia pun menuturkan jikalau legalitas atau perizinan tersebut masih dalam proses pengurusan. sedangkan mengenai biaya perawatan dan pakan satwa tersebut Dia menuturkan bahwa Dia menggunakan murni dananya secara pribadi sedari kebun binatang ini terbentuk hingga saat ini. Ia pun berharap kedepan akan ada pihak ketiga dalam hal ini  adalah pihak swasta yang dapat berkontribusi juga. 

"Mon untuk legalitasnye Bruge Sekayu Mini  Zoo masih dalam proses pengurusan, terus amon masalah biaya perawatan murni masih makai dana pribadi dem tuh mon masalah nguruskenye kami khususnye para Staff Kecamatan saling bagi tugas untuk merawatnye alias gotong royong ,semoga bae kedepan agek ade pihak-pihak ketige yang pacak jadi sponsor untuk mini zoo ikak."
tukas Pak Taisir di sesi tanya jawab antaranya dan tim Infosekayu.com

Di akhir sesi Tim Infosekayu tak lupa menanyai harapan besar Pak Taisir mengenai Bruge Sekayu Mini Zoo ini. Secara lantang ia menuturkan kepada kami jika antusias Masyarakat semakin besar maka kita nanti akan mengusahakan memohon izin kepada Bapak Bupati untuk menggunakan taman kota sebagai lokasinya jikalau halaman belakang kecamatan Sekayu ini dirasa kurang memadai.Tak lupa ia  juga menyampaikan kepada seluruh Masyarakat,siapapun dan dari manapun boleh untuk berkunjung ke Bruge Sekayu  Mini Zoo.  

"Bagi siapepun yang nak bekunjung silahkan bae Kami Kecamatan sekayu sangat Welcome, baik itu pelajar ataupun umum tidak dipungut biaya". tuturnya sebelum habisnya rangkaian pertanyaan wawancara dari tim infosekayu.com di kesempatan tersebut.

Burung Kutilang dan Perpaku

Kera Putih (Hanuman)

Sebelum menyudahi wawancara dengan Pak Camat Sekayu ini tersemat pula satu pertanyaan kami saat itu kepada Pak Taisir saat itu. seperti yang kami ketahui Mini zoo ini untuk sekarang tidak berbayar, Apakah selanjutnya jika Antusias Masyarakat berkunjung semakin tinggi serta koleksinya sudah dikatakan lengkap apakah akan dikenai bayaran masuk (berkarcis)?, lalu jawabanya pun cukup sederhana.

"kitek telek perkembangan agek mon seandainye hal itu memungkinke lebih bagus itung-itung dari karcis tersebut kitek pacak nambah biaya beli makanan ngen perawatan satwa-satwa yang ade, tapi mon sekarang kitek dak berbayar. Tapi dak menutup kemungkinan sape pun yang ndak berdonasi dalam bentuk ape pun terkait Beruge Sekayu Mini Zoo Kami sangat welcom" tutupnya.

Itulah sekilas info tempat menarik dan baru yang ada di kota Sekayu saat ini yang mungkin bisa jadi refrensi kuyung dan Kupek untuk menghilangkan penat bersama keluarga. Bruge Sekayu Mini Zoo Merupakan Kebun Binatang Mini pertama dan satu satunya di Kota Sekayu saat ini. (ZP/LS/NL)
Share To:

redaksi

Post A Comment: