infosekayu.com Orang Indonesia terkenal suka makan makanan yang pedas.Lihat saja makanan khas di Indonesia,kebanyakan diolah dari bumbu cabai atau dengan sambal. Kebanyakan dari kita menganggap makanan kurang mantap kalau tidak ada pedasnya. Banyak orang menganggap makanan pedas bisa menambah nafsu makan sehingga orang akan menambah porsi makan mereka.Dan in juga dianggap menjadi penyebab naiknya berat badan seseorang,nah lho.
Namun,penelitian para ahli justru mengatakan hal yang berbeda.Hasil penelitian pada cabai mengatakan bahwa masakan yang dicampur cabai bisa menahan nafsu makan dan bisa membantu untuk menurunkan berat badan.Senyawa yang disebut sebagai penghasil rasa pedas,yaitu capsaicin,bisa membuat rasa lapar menjadi berkurang dan membantu meningkatkan pemakaian energi.
Lebih lanjut penelitian itu dilakukan oleh para ilmuwan dari Purdue University.Menurut mereka,porsi pedas cabai yang bisa membantu menurunkan berat badan dan bisa dikonsumsi setiap hari adalah sekitar setengah sendok teh.
Beberapa sukarelawan sudah membuktikan hasil penelitian ini dengan mengkonsumsi cabai selama enam minggu.Mereka yang mengkonsumsi cabai merah setiap hari bisa membakar kalori melalui pelepasan energi, dan cabai juga bisa menambah suhu tubuh.
Dari penelitian ini juga diketahui bahwa orang yang suka makan makanan pedas akan mengalami penurunan rasa lapar,tidak seperti orang yang tidak suka atau jarang mengkonsumsi cabai,terutama ketika mereka makan makanan yang manis,bergaram tinggi, dan berlemak.
Kepala penelitian itu,Richard Mattes,memberikan saran pada mereka yang ingin menurunkan berat badan agar mangatur nafsu makan mereka dengan mengkonsumsi makanan pedas atau cabai setiap harinya sesuai takaran.Selain dapat mengkontrol rasa lapar,cabai juga bisa membakar kalori saat kita sedang makan.
Bagi kamu yang tidak terbiasa atau tidak suka dengan makanan pedas mungkin akan merasakan seperti terbakar saat makanan pedas yang mengandung cabai.Ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu khawatir karena sebenarnya rasa pedas dapat membantu memaksimalkan proses pencernaan kamu,meningkatkan suhu tubuh,dan mengeluarkan energi.(LS)
Share To:

redaksi

Post A Comment: