JAKARTA, infosekayu.com - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bersama Kota Bandar Lampung, Kota Mojokerto, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pali, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Mojokerto, Kota Samarinda, dan Kota Bontang. Menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga Tahun Anggaran 2017 dengan Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi, di Gedung Ditjen Migas lantai 15, Rabu (29/3/2017).

Penandatangan Nota Kesepahaman dan Penyediaan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga ini dilakukan oleh Direktur Jendral Migas IGN Wiratmaja Puja, Pj Bupati Muba H Yusnin, serta delapan pemerintah kabupaten/kota lainnya.

Direktur Jendral Migas IGN Wiratmaja Puja, dalam sambutannya mengungkapkan nota kesepahaman ini dimaksudkan untuk memberikan landasan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mendukung kelancaran penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan gas bumi untuk rumah tangga.

"Dengan adanya nota kesepahaman ini diharapkan kedepannya pemerintah daerah dapat membantu pelaksanaan pembangunan dan ikut serta membantu menyelesaikan kendala non teknis yang berpotensi menghambat pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga seperti perizinan, maupun kendala di lapangan," tuturnya.

Direktur Jendral Migas menambahkan, saat ini Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral c.q Ditjen Migas telah melaksanakan pembangunan jargas sejak tahun 2009 sampai degan tahun 2016 dengan jumlah sambungan sebesar 185.991 sambungan rumah di 14 Provinsi meliputi 26 Kabupaten/Kota. Pada tahun 2017, Kementrian ESDM melalui penugasan kepada PT Pertamina (Persero) dan PT PGN (Persero) Tbk akan melaksanakan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Bandar Lampung, Kota Mojokerto, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pali, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Mojokerto, Kota Samarinda, dan Kota Bontang.

Sementara itu Pj Bupati Muba H Yusnin di sela-sela acara mengatakan untuk Kabupaten Muba sendiri jumlah sambugan jaringan gas rumah tangga yang akan dibangun berjumlah 6031 jargas, diempat kelurahan dan dua desa di Kecamatan Sekayu. Meliputi Kelurahan Kayuara, Serasan Jaya, Soak Baru, dan Keluarana Balai Agung serta Desa Lumpatan I, dan Desa Lumpatan II.

"Semoga pada tahun yang akan datang jaringan gas di Kabupaten Musi Banyuasin dapat dialokasikan lebih banyak lagi," harapnya.

H Yusnin juga berharap dengan adanya jaringan gas ini, dapat membantu meringankan beban masyarakat Muba terutama kepada ibu rumah tangga.

Pada acara tersebut, Pj Bupati Muba didampingi Kepala Bappeda Muba Drs H M Yusuf Amilin, Kepala Kesbangpol Muba,H M Soleh Naim SE MM,Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muba Mursalin SE MM, Kepala Bagian Protokol Muba Setda Muba Drs Amir Hamzah, Kepala Bagian Umum dan Pengadaan Setda Muba Deni SH MSi, serta turut hadir Inspektur Jendral Kepala BPH Migas, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Direktur Utama PT PGN (Persero) Tbk dan seluruh eselon dua dilingkungan Ditjen Migas. (humas muba)


Share To:

redaksi

Post A Comment: