infosekayu.com - penyebab SIM Card tidak terbaca atau tidak terdekteksi di HP bukan hanya dari faktor itu saja,melainkan masih banyak lagi penyebabnya.Faktor yang menyebabkan SIM Card tidak terbaca antara lain adalah slot SIM Card yang sudah berkarat karena pemakaian yang sudah cukup lama,chip yang berwarna kuning atau tembaga yang ada pada SIM Card memang sudah rusak atau kotor,slot SIM Card yang sudah tidak kencang lagi sehingga menyebabkan goncangan, dan faktor lainnya.Terus bagaimana cara untuk mengatasi SIM Card tidak terbaca


#1 Bersihkan chip kartu SIM menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet atau menggunakan kain kering.Kenapa melakukan hal demikian?Karena kemungkinan chip atau tembaga pada kartu terdapat kotoran karena pemakaian kartu yang sudah cukup lama.Jangan terlalu kasar pada saat menggosok pada chip SIM usahakan pelan-pelan saja sampai terlihat agak bersih,jika sudah silahkan sobat coma untuk memasukkan SIM kembali ke HP.

#2 Jika cara yang pertama adalah membersihkan pada bagian chip SIM, pada cara yang kedua ini adalah membersihkan slot SIM card. Hal ini harus dilakukan jika pada cara pertama sudah dilakukan tapi masih belum terdeteksi di HP, percuma juga kalau chip SIM sudah bersih dan anggap saja sudah bisa tapi pada slotnya masih kotor sehingga chip SIM tidak dapat terkonesi dengan baik dengan slotnya.

#3 Disini kita tidak tau yang bermasalah itu adalah slot SIM atau kartu SIMnya, jadi kamu harus membeli kartu baru atau pinjam untuk mencoba memasukkan kartu SIM tersebut kadalam slot SIM supaya kamu mengetahui masalahnya, jika kartu SIM baru tersebut bisa terdeteksi di HP kamu berarti kartu SIM yang kamu gunakan rusak dan meminta ganti baru dan sebaliknya jika SIM baru tetap saja tidak mau terdeteksi di HP kamu berarti masalahnya terletak pada HP kamu.

#4 Kalau slot SIM Card pada HP kamu sudah tidak kencang lagi dan kamu sendiri merasa bahwa pada setiap ada goncangan kartu SIM tidak mau terbaca, maka cara untuk mengatasinya adalah memberi lapisan atau bahasa gaulnya disumpel menggunakan kertas atau tisu supaya kartu SIM tidak bergerak saat ada goncangan.

#5 Usahakan saat memasukkan kartu SIM ke slot harus saling mengenai tembaga kuning pada masing-masing bagian, ini kerap sekali terjadi karena asal memasukkan saja tanpa perlu memperhatikan apakah tembaga pada kartu SIM tersebut sudah mengenai tembaga pada slot atau belum. Ingat jangan sampai terbalik memasukkan kartu SIMnya,meskipun terlihat sangat sepele tapi terbalik saat memasukkan kartu SIM ke slot sering kali terjadi.

#6 Melakukan hard reset atau flashing ulang, cara terakhir ini terbilang yang paling ekstrim karena memiliki resiko yang cukup lumayan tinggi karena cara tersebut dapat menghilangkan data-data yang ada pada HP. Cara ini dapat kamu gunakan jika kartu SIM tidak mau terdeteksi karena masalah pada software Android, namun saran saya sebelum melakukan hard reset atau flash ulang ada baiknya kamu backup atau memindah data-data penting kamu ke komputer atau laptop.

Nah demikian informasi mengenai cara mengatasi SIM Card tidak terbaca atau tidak terdeteksi yang bisa saya sampaikan, jika semua cara diatas sudah sobat lakukan tapi masih belum berhasil juga untuk mengatasi SIM Card yang tidak mau terbaca, maka langkah yang terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membawanya ke service center terdekat.(LS)
Share To:

redaksi

Post A Comment: