infosekayu.com -  Bahasa Jawa kini bukan hanya dipelajari orang Jawa semata namun sudah diminati mahasiswa di Beijing,China Bahkan bukan hanya dari China beberapa mahasiswa dari Malaysia juga mempelajari bahasa tersebut Beijing Foreign Studies University (BFSU) mengadakan mata kuliah pelajaran Bahasa Jawa dua kali dalam sepekan.Menurut staf pengajar BFSU,Hendy Yuniarto,ada empat orang yang mendaftarkan diri menjadi mahasiswa mata kuliah itu.Namun peminat yang mengikuti kelas itu bisa mencapai dua kali lipat.


Peminat kelas datang dari mahasiswa yang memang mendaftarkan diri menjadi mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia, dan beberapa berasal dari Malaysia serta Institut Konfusius.
"Mereka yang mengambil mata kuliah ini sedikit tahu atau pernah ke Jawa,baik untuk berlibur, belajar, atau bekerja," kata Hendy.

Hendy mengatakan lantaran tidak mendapatkan kesempatan belajar di tanah Jawa,maka para murid terlihat antusias mengikuti pengajaran yang diadakan dua kali dalam sepekan.
Materi yang diajarkan berfokus pada percakapan sehari-hari karena menurut Hendy percakapan lebih praktis dan berguna untuk komunikasi secara langsung.
"Ini yang pertama di dataran China.Pada 2001,pernah akan diadakan mata kuliah oleh keturunan Tionghoa yang baru pulang dari Indonesia. Namun belum bisa terlaksana."LS

Share To:

redaksi

Post A Comment: