Sekayu, Infosekayu.com – Pendistribusian logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, periode 2017-2022 resmi dilakukan mulai hari ini (8/2).

Logistik didistribusikan dari kantor KPU Muba yang beralamat di Jl. Merdeka Serasan Jaya Sekayu hingga ke tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Wilayah terjauh lebih didahulukan. Seperti Kecamatan Lalan, Tungkal Jaya, Babat Supat, Sungai Lilin serta Lais. Kemarin, KPU Muba mengebut proses pengepakan logistik tersebut.

Logistik yang sudah ada dimasukkan dalam kotak suara yang sudah ditempel nama tempat pemungutan suara (TPS), nama desa, dan kecamatan. Kotak suara itu digembok dan disegel.

Semua proses tersebut disaksikan petugas PPK, Panwas, dan aparat kepolisian. 

“Petugas PPK melihat sendiri dan memastikan jumlah logistik yang dibutuhkan di wilayahnya,” kata M Ali, Kasubag Teknis KPU Kabupaten Muba.

Beberapa logistik yang dimasukkan dalam kotak suara yakni surat suara, alat coblos, sampul model C, sampul surat suara serta berbagai formulir. 
“Semuanya kita taruh terlebih dahulu dalam plastik dan disegel,” tukas Ali lagi.

Sedang yang tidak dimasukkan dalam kotak suara yakni tanda pengenal KPPS, daftar pasangan calon, dan buku panduan KPPS. Juga bilik suara serta papan pengumuman.

Ketua KPU Muba, H Ahmad Firdaus Marvel SE MSi melalui Sekretarisnya, Nurmilah menyatakan, pendistribusian logistik akan terhambat kondisi jalan desa yang rusak parah dan berlumpur di musim penghujan sekarang ini.

“Terpaksa pendistribusiannya menggunakan kendaraan double gardan,” ucapnya. Bahkan, ada logistik untuk beberapa lokasi pendistribusian yang diangkut pakai kapal atau speedboat. Seperti untuk Desa Ulak Embacang Kecamatan Sanga Desa, Desa Rantau Kroya dan Desa Tanjung Agung Kecamatan Lais yang menggunakan speedboat.

Khusus logistik untuk Kecamatan Lalan, pendistribusiannya melalui kecamatan Sungai Lilin, naik tongkang menuju Lalan. KPU Kabupaten telah mengantisipasi dan melindungi logistik yang didistribusikan. “Kantong plastik bening itu akan melindungi logistik agar tidak basah dan rusak terkena air,” jelasnya. Khususnya dalam proses distribusi di wilayah perairan.

Jadwalnya, distribusi logistik dari KPU ke tingkat PPK pada 8-9 Februari. Lalu pendistribusian logistik dari PPK ke PPS pada 11-12 Februari serta tingkat PPS ke TPS pada 13-14 Februari. ”Anggota lakukan pengamanan melekat dalam distribusi logistik ini,” tutur Kapolres Muba, AKBP Julihan Muntaha SIK.

Rencananya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi pejabat terasnya akan berkantor di Kota Sekayu pada H-1 pencoblosan. “Kami tidak main-main mengamankan pilkada ini agar aman dan lancar,” pungkasnya.


Prajurit TNI barulah ikut membantu dan melakukan pengamanan dalam pencoblosan pilkada, pada 15 Februari mendatang. (red/adm1)
Share To:

redaksi

Post A Comment: