Sekayu, Infosekayu.com - Diprediksi meningkat angka partisipasi pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada 15 Februari 2017. Tapi ada daerah-daerah rawan didominasi golongan putih (golput).

Berdasarkan data yang ada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terdapat 5 dari 14 kecamatan yang tingkat partisipasi atau kategori golput masuk zona rawan.

Kabid Politik Kesbangpol Sumsel Kurniawan Kantinoko mengatakan, pihaknya mendapatkan data mengenai Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) dari Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Sumsel.

"Berdasarkan data Bawaslu Sumsel, IKP disusun dari tiga aspek. Aspek penyelenggaraan, aspek kontestasi, dan aspek partisipasi," terangnya saat ditemui di Kesbangpol Sumsel, Senin (6/2).

Dia menambahkan, angka IKP ditinjau dari aspek penyelenggaraan dan kontestasi. Untuk  14 kecamatan yang ada di Kabupaten Muba masuk zona sedang.


"Dari aspek partisipasi, yang masuk zona rawan ada 5 kecamatan. Kelima Kecamatan adalah Tungkal Jaya, Sekayu, Bayung Lencir, Sungai Lilin, dan Babat Supat. Dan untuk 9 kacamatan lainnya masuk zona sedang," ungkapya. (red/rmol)
Share To:

redaksi

Post A Comment: