Lais, Infosekayu.com – Tiga rumah masing-masing milik milik Maskanan alias Nangcik bin Muslaini (45); Azan Nurhakim bin Hasan Basri (60); dan Saipul bin Su’udin (53), yang berada di bantaran Sungai Musi Desa Teluk Kijing II, Kecamatan Lais, Muba, mengalami longsor, pada Selasa (24/01) dini hari.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa dan luka-luka, namun peristiwa yang terjadi saat pemilik rumah sedang tertidur lelap itu, rusak parah terlebih pada bagian dapur. Mereka pun bahkan, terkejut dan menyadari rumahnya tergerus longsor.

“Longsor terjadi pada Selasa (24/01/2017) dini hari tadi. Tanah tebing di pinggir Sungai Musi yang tergerus, mengakibatkan 3 rumah yang terletak di tebing roboh. Tapi tidak ada korban jiwa ataupun luka,” ungkap Camat Lais Akhmad Toyibir, usai mengunjungi lokasi longsor, Selasa (24/01/2017).

Menurut Akhmad Toyibir SSTP MM mengatakan salah satu rumah yang terparah adalah milik Azan dengan kondisi hancur sesaat setelah tergerus akibat tebing dinding sungai musi mengalami longsor.

Dari kejadian tersebut, Toyibir mengimbau, agar warga tetap waspada terhadap longsor yang kemungkinan masih akan terjadi nanti, “Kepada warga sekitar yang rumahnya di bantaran Sungai Musi, untuk ekstra hati-hati dikhawatirkan adanya tanah longsor susulan,” imbaunya.

Toyibir juga langsung melaporkan kejadian ini kepada Pemerintah Kabupaten secara lisan. “Sudah dilaporkan secara lisan ke pemkab melalui Plt Sekda dan Asisten I”, pungkasnya.

Sementara, Kapolsek Lais Iptu Feriyanto SH menjelaskan bencana tanah longsor terjadi di dusun 3 desa Teluk Kijing 2 kecamatan Lais, diperkirakan bencana terjadi sekitar pukul 24.30 wib. Selasa (24/1/17).

Selain itu, kami mengimbau kepada masyarakat khususnya yang berada dibantaran sungai musi untuk lebih waspada, terutama akhir-akhir ini meningkatnya intensitas hujan.

“Atas musibah yang terjadi, selain kita memberikan himbauan, juga memberikan bantuan sembako dari Polres Muba guna meringankan beban korban,” imbuh AKP Feriyanto SH. (red)
Share To:

redaksi

Post A Comment: