Balai Agung, infosekayu.com -Pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2017, pukul 08.00 wib,bertempat di Musi Room Hotel Ranggonang, Jalan Merdeka Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Kab Muba) berlangsung kegiatan Sosialisasi Pemilih Pemula Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab.Muba.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain : Ketua Provinsi Sumatera Selatan, Sdr. H. Aspahani. SE.Ak diwakili oleh Komisioner KPU Prov.Sumsel, Sdr. Ahmad Naffi, SH.M.Kn, Ketua KPU Kab.Muba, H. Ahmad Firdaus Marvels,SE.M.Si. beserta Komisioner KPU Kab.Muba, Ketua Panwaslu Muba, Andi Gunawan diwakaili oleh Komisionernya, Para staf dan anggota sekretariat KPU Muba.

Adapun Kegiatan tersebut akan di ikuti oleh kurang lebih 136 peserta yang terdiri dari para Kepala Sekolah dan Guru PPKN SLTA Sederajat se-Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan beberapa rangkaian acara sebagai berikut : Pembukaan dengan pembacaan Basmallah, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Terakhir di tutup oleh Sambutan Ketua KPU Muba sekaligus membuka acara Sosialisasi Pemilih Pemula, yang mana dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa;

Dasar kegiatan Sosialisasi sesuai PKPU No. 5 Tahun 2016. Tentang tugas KPU yang berkewajiban mendorong dan menyampaikan informasi tentang Pemilu secara luas. Adanya aturan terbaru bahwa KPPS tidak boleh menjabat sebanyak 2 kali sehingga mungkin KPU Muba akan berkoordinasi dgn pihak Diknas Kab. Muba untuk meminta bantuan bapak ibu guru. Pihak KPU Muba dalam melaksanakan jadwal tahapan  pada Pilkada Serentak merupakan yang pertama dan lebih dahulu di Indonesia.

"Terlaksananya kegiatan Sosialisasi hari ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih, dimana daftar pemilih pemula dan dalam sosialisasi tersebut pihak KPU Muba melibatkan peran Kepala Sekolah dan para Guru, dan  Pihak KPU Muba sudah secara legalitas  dan berkoordinasi serta bekerjasama dengan pihak Diknas Prov.Sumsel melalui Sdr. Widodo, adapun tujuan untuk mendukung proses peningkatan tingkat partisipasi  yang terdaftar sebagai pemilih pemulah di KPU sekitat 14.000 pemilih, kegiatan ini akan langsung di share ke Diknas Prov Sumsel.” Bubuhnya di kesempatan itu.

Selain itu juga Ketua KPU  Kab.Muba mengatakan bahwa “Para peserta  sosialisasi terdiri dari Kepala Sekolah dan para Guru PPKN SLTA Sederajat se-Kabupaten Musi Banyuasin untuk itu pihaknya berharap peran serta para kepala sekolah dan guru yang ada di Kab.Muba dalam menyampaikan apa-apa yang disampaikan oleh para narasumber bisa sampai kepada para pemilih pemula yang ada di lingkungan  kerja masing masing, dengan harapan  peran serta para guru dan Kepala Sekolah sangat diharapkan karena merupakan perpanjang tanganan KPU Muba dalam menyukseskan apa yang menjadi target dan harapan KPU Muba  dalam mencapai tingkat partisipasi pemilih adalah 85 % dapat terwujud.

Mohon bantuannya agar materi yg didapatkan hari ini disampaikan kpd pr pemilih pemula khususnya para siswa di sekolah. KPU Muba berharap dengan peran serta semua pihak  pelaksanaan Pilkada di Kab.Muba merupakan Pilkada terbaik se Indonesia.”
Setelah sambutan Ketua KPU selesai selanjutnya ditutup dengan Doa oleh Bapak. Sejuta, APd.M.Ag. Acara selanjutnya penyampaian materi oleh beberapa Narasumber antara lain. Ketua KPU Prov.Sumsel, H. Aspahani, SE. Ak,  diwakili komisioner  KPU Provinsi Sumsel, Sdr. Ahmad Navi, dengan judul materi  Pendidikan Politik dan Dasar Partisipasi  Masyarakat Dalam Pemilu Pilkada. Pemateri kedua adalah Kapala Badan Kesbangpol Kab.Muba, H.M.Soleh Naim,SE.MM. dengan judul materi Peningkatan Kesadaran tentang Politik dan Demokrasi. Dan pemateri terakhir di sampaikan oleh Anggota Komisioner KPU Kab.Muba, Ibu. Maryani, RFP, dengan judul materi Pendidikan Pemilih Pemula. Pukul 12.30 wib semua rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan dengan lancar. (red/yud)
Share To:

redaksi

Post A Comment: