Jakarta, infosekayu.com – Kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 memang menarik untuk disimak. Banyak yang menghubung-hubungkan, kisah Indonesia di Piala AFF layaknya Portugal dalam gelaran Piala Eropa 2016.
Tapi, sebenarnya ada kisah yang lebih mirip ketimbang Portugal di Piala Eropa.
Ingat film animasi Jepang, Captain Tsubasa? Kisah di film ini sebenarnya hampir serupa dengan Indonesia di Piala AFF.
Ya, di awal perjalanan tim Nankatsu yang mengikuti turnamen antar sekolah bertaraf nasional, harus bertemu tim kuat bernama Meiwa FC, dalam duel perdana penyisihan grup. Kebetulan, Meiwa merupakan unggulan di turnamen tersebut.
Memberikan perlawanan sengit, Nankatsu, yang dikomandoi Tsubasa Ozora, akhirnya harus kalah dari Meiwa. Meski begitu, perlahan tapi pasti, Nankatsu berhasil keluar dari kesulitan dan menjadi runner up grup.
Selanjutnya, Nankatsu berhadapan dengan tim-tim kuat. Tapi, mereka berhasil menang dan lolos ke final.
Di partai puncak, Nankatsu bertemu kembali dengan Meiwa yang diperkuat rival Tsubasa, Hyuga Kojiro. Kali ini, mereka berhasil menang dan menjadi juara.
Perjalanan Indonesia sebenarnya mirip. Di awal, mereka bertemu dengan Thailand.
Sempat merepotkan Pasukan Gajah Putih, Indonesia akhirnya harus menelan pil pahit karena kalah dengan skor 2-4. Indonesia akhirnya mampu lolos ke semifinal.
Mereka mengunci tempat di empat besar sebagai runner up Grup A. Indonesia menjadi runner up Grup A setelah mengoleksi empat poin, hasil sekali imbang (lawan Filipina) dan satu kali menang (lawan Singapura).
Di semifinal, Indonesia harus berjuang keras mengalahkan Vietnam. Unggul di pertemuan pertama dengan skor 2-1, Indonesia sempat direpotkan Vietnam pada leg kedua.
Hasil di waktu normal semifinal leg kedua adalah 2-1 untuk keunggulan Vietnam. Babak tambahan terpaksa digelar. Akhirnya, Indonesia mengunci tiket ke final usai Manahati Lestusen mencatatkan namanya di papan skor. Agregat pun menjadi 4-3 untuk keunggulan Indonesia.
Kemarin, lawan Indonesia di final baru ditentukan. Thailand ternyata menjadi lawan Indonesia di partai puncak. Mereka lolos karena unggul atas Myanmar dengan agregat, 6-0.
Dengan fakta ini, kisah Indonesia di Piala AFF 2016 hampir mirip dengan plot film animasi, Captain Tsubasa. Hanya saja, ada satu rangkaian yang belum diraih oleh Indonesia.
Menang di partai final demi membalaskan dendam pada pertemuan pertama dan menyabet gelar perdana di Piala AFF 2016. Apakah kisah Indonesia di Piala AFF kali ini akan benar-benar mirip dengan tim Nankatsu di serial animasi Captain Tsubasa?
“Kini, bukan hal yang tak mungkin bagi Indonesia menjadi juara. Permainan tanpa beban mereka membuat segalanya menjadi mudah,” begitu ulasan terkait kiprah Indonesia di Fox Sports Asia. (red/viva)
Share To:

redaksi

Post A Comment: