Sekayu, Infosekayu.com - Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-71  sangat diharapkan dapat menjadi momentum  bagi para guru di Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya di Musi Banyuasin untuk meningkatkan kompetensi, sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan pendidikan daerah dengan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin menegaskan, tugas dan tanggung jawab  para  guru amatlah besar. Sebab itu hendaknya profesi guru tidak dipandang sebagai beban tapi sebagai kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang cerdas.

"Guru berada pada garda depan dalam memajukan dan mencerdaskan anak bangsa," tegas Alex pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-71 tahun 2016 yang berlangsung di Stable Berkuda Sekayu, Kamis (15/12/2016).

Gubernur katakan, peringatan HGN tahun ini harus lebih membangkitkan semangat pegabdian para guru dalam rangka mencetak generasi masa depan Sumsel yang andal dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, cerdas terampil  dan beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dengan SDM yang berkualitas, cerdas dan terampil kita akan mampu bersaing dan berperan  baik di tingkat nasional maupun internasional ," ujarnya.

Tema peringatan HGN dan HUT ke-71 PGRI adalah membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Gubernur, tema tersebut sangat sejalan dengan visi Sumsel yang bertekad memajukan kehidupan masyarakat melalui peningkatan SDM yang cerdas, terampil, berakhlak mulia yang diwujudkan melalui program Sumsel Gemilang. 

"Era globalisasi saat ini, menuntut kemampuan daya saing yang kuat dalam penguasaan teknologi, manajemen dan SDM, karena keunggulan SDM lah yang akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan hidup," katanya.

Gubernur melanjutkan, tanpa dukungan guru yang memiliki dedikasi, integritas dan profesionalisme, maka percepatan peningkatann mutu dan daya saing SDM akan berjalan lambat.

Karena itu, Pemprov Sumsel secara khusus memberikan apresiasi kepada PGRI Sumsel yang selama ini telah memberikan dukungan pada upaya peningkatan mutu dan daya saing pendidikan di Sumsel. Terkhusus bagi PGRI Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang telah menunjukkan solidaritas yang tinggi bagi para guru, serta dukungan Pemkab Muba dalam mensejahterakan para guru di Kabupaten Muba.

"Pemprov dan PGRI diharapkan bisa terus bersinergi untuk mengatasi berbagai permasalahan dan bersama-sama  pula dalam mewujudkan dan menyukseskan program-program pendidikan dalam rangka melahirkan SDM yang berkualitas dan mampu didayagunakan  untuk membangun daerah," kata Alex.

Dalam acara tersebut, Gubernur Sumsel juga menyerahkan secara simbolis penghargaan dan santunan sosial pensiun PGRI Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Acara dihadiri Plt Bupati Muba, David B J Siregar, Plt Ketua Umum PGRI, Dr Unifah Rosidi MPd, Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulianto SPd MM, ketua PGRI Kabupaten Muba, beserta Plt Sekda, para asisten serta FKPD dan SKPD di lingkungan Kabupaten Muba dan  ribuan anggota  PGRI  Se Sumsel. (red/beritamuba)
Share To:

redaksi

Post A Comment: