Palembang, infosekayu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menyerahkan pembangunan Sirkuit MotoGP kepada pihak ketiga. Guna mendapatkan kontraktor yang memenuhi, pembangunan sirkuit tersebut akan dilelang.

Penegasan ini disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada wartawan seusai Rapat Paripurna di DPRD Provinsi Sumsel, Kamis (10/11). 

Orang nomor satu di Sumsel iti mengatakan, sejauh ini progres pembangunan Moto GP sangat baik. 

Pascapertemuannya di Sepang Malaysia kata dia pembangunan semakin jelas, bahkan draft desain yang diajukan pun sudah mendapat persetujuan. 

Apalagi yang mendesain memang profesional di bidangnya. Dengan keyakinan ini pula, Oktober 2018 nanti pasca ASIAN GAMES akan digalr Moto GP pertama kalinya di Jakabaring.

"Nanti akan kita tender, kalau yang ikut nanti kita ikutkan dari dalam negeri dan luar negeri. Mana paling mengntungkan baru dipilih," kata Alex.

Mengenai waktunya, kata dia akan sesegera mungkin. Untuk desain dan DED nya ditargetnya selesai Desember ini. 

"Biayanya diperkirakan 35 juta euro. Kalau kita rupiahkan bisa mencapai Rp 600 miliar lebih. Sebenarnya kita mampu kok. Tetapi ya kota harus menunda pembayaran-pembayaran, hutang-hutang dulu," katanya.

Menurut Alex, sirkuit akan dibangun di kawasan Jakabaring itu tidak hanya untuk balap MotoGP, namun juga untuk ajang balap lainnya seperti GP2, Formula 2, serta di bawah itu. Paling tidak setiap tiga bulan akan ada even internasional yang digelar. 

"Saya juga lagi berpikir, setelah ini apa lagi yang bisa dilakukan," tegasnya.  (red/rmol)
Share To:

redaksi

Post A Comment: