PASANGAN ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon naik podium setelah memenangi gelar juara Tiongkok terbuka Super Series Premier 2016.
Infosekayu.com - Indonesia membawa pulang dua gelar dari ganda putra dan campuran pada Tiongkok Terbuka 2016. Hasil itu cukup mengejutkan karena gelar tersebut datang dari pasangan yang justru tidak diandalkan yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Pada ganda putra, harapan Indonesia sebenarnya ada di pundak Angga Pratama/Ricky Karanda Suwandi sedangkan pada ganda campuran, Indonesia berharap pada Praveen Jordan/Debby Susanto yang memiliki ranking lebih baik dibandingkan Tontowi/Liliyana.
Kevin/Marcus menjadi juara setelah berhasil menundukkan unggulan empat, Mathias Boe/Carsten Mogensen dari Denmark dalam straight game 21-18, 22-20 pada partai final yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok, Minggu 20 November 2016. Gelar itu menjadi yang pertama bagi mereka pada turnamen Super Series Premier. Mereka sebelumnya pernah memenangi dua gelar super series pada India Open 2016 dan Australia Open 2016.
Kevin mengatakan, gelar itu bagaikan batu loncatan bagi mereka. Mulai dari hanya menang sekali pada grand prix tahun lalu, tahun ini mereka bisa merebut dua gelar super series dan super series premier.
Sementara satu gelar dari Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir seakan menjadi pelipur lara bagi keduanya setelah sempat mengalami penurunan permainan usai Olimpiade di Rio de Janeiro lalu. Dari dua turnamen yang mereka ikuti yaitu Australia Terbuka dan Denmark Super Series Premier, mereka langsung tersingkir pada babak pertama dan kedua.
Pada pertandingan final Tiongkok Terbuka, Tontowi/Liliyana mengatasi permainan pasangan baru Tiongkok, Zhang Nan/Li Yinhui dalam permainan ketat tiga game 21-13, 22-24, 21-16 selama sejam lebih.
Sebelumnya, Zhang Nan bermain bersama Zhao Yunlei tetapi pada pertengahan tahun ini, Zhao memutuskan untuk gantung raket dan posisinya diisi pemain muda Tiongkok lainnya.
Dengan kekalahan Zhang/Li tersebut, tuan rumah pun dipastikan tanpa gelar di kandangnya sendiri. Hal itu termasuk langka karena baru pekan lalu para pemain Tiongkok berjaya di Prancis Open Super Series dengan merebut empat gelar juara, minus ganda putra. (red/pikiranrakyat)


http://www.pikiran-rakyat.com/olah-raga/2016/11/20/indonesia-bawa-pulang-dua-gelar-tiongkok-terbuka-2016-385302


Share To:

redaksi

Post A Comment: