Sekayu, infosekayu.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengeluarkan peringatan atau warning kepada warga. Khususnya bagi masyarakat yang bermukim di tepian Sungai Musi. Dikarenakan saat ini debit air di Sungai Musi terus mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga berpotensi banjir terjadi dengan cepat.

"Ya, kita keluarkan warning, salah satunya warga di Desa Ulak Embacang Kecamatan Sanga Desa. Sebab daerah tersebut sangat rentan terkena bencana banjir," ujar Kepala BPBD Kabupaten Muba Sunaryo,  Rabu (26/10).

Dikatakannya, dari hasil pemeriksaan di titik pantau ditemukan tinggi permukaan air (TMA) yang berada di Desa Ulak Embacang mendekati 60 cm dari permukaan tanah. Hal itu dapat diartikan, jika hujan terus terjadi dalam tiga hari ke depan, desa tersebut menjadi lokasi pertama tekrna bencana banjir.

"Laporan yang kita terima, TMA sudah 60 cm, kita prediksi tiga hari ke depan banjir terjadi, jika hujan terus mengguyur," kata dia.

Sementara, Kabid Kedaruratan BPBD Muba, Fanfane Syafri menambahkan, pihaknya telah menyiapkan petugas di sekitar lokasi rawan bajir. Mereka siap memberikan pertolongan pertama jika banjir terjadi di Desa Ulak Embacang dan sekitarnya. Dengan begitu penanggulangan dapat dilakukan secara cepat dan sigap, guna meminimalisir terjadinya kerugian korban yang dimungkinkan saat bencana banjir terjadi.

“Tim kita sudah siap disekitar lokasi, untuk posko belum kita dirikan, saat ini kita baru memperingatkan warga saja untuk lebih waspada, karena bencana banjir diprediksi bakal terjadi," beber dia.

Lebih lanjut Fanfane mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya, saat ini terdapat 79 desa yang tersebar di 11 kecamatan yang masuk dalam kategori wilayah rawan banjir di Kabupaten Muba. Dimana desa yang masuk dalam Ring 1 bencana banjir yakni Desa Ulak Mbacang, Desa Jud, dan Desa Air Balui Kecamatan Sanga Desa, Desa Teluk Kijing 1 dan Teluk Kijing 2 Kecamatan Lais.

“Saat ini perlengkapan kedaruratan masih dilakukan pemeriksaan, apabila masih ada kekurangan akan kita laporkan untuk segera dilengkapi,” tandas dia. (red/rmol).
Share To:

redaksi

Post A Comment: