Plt Bupati Kab Musi Banyuasin Beni Hernedi bersama Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI Dr Ir Hasil sembiring MSc Mengikuti Kegiatan Panen Raya Kedelai Seluas 1000 Hektar Dengan Teknologi Budidaya Jenuh Air di Desa Purwa Agung Kec Lalan, Kamis (13/10).
LALAN, Infosekayu.com - Kabupaten Musi Banyuasin pada tahun 2016 produksi kacang kedelainya naik. Demikian diungkapkan Direktur Jendral Tanaman Pangan Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Dr Ir Hasil Sembiring MSc, ketika menghadiri kegiatan panen raya kedelai seluas 1.000 Hektar Program perluasan tanam kedelai dengan teknologi Budidaya Jenuh Air (BJA) kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan Institut Pertanian Bogor di lahan pasang surut Kecamatan Lalan, Kabupaten Muba, Kamis (13/10/2016).

"Saya salut dan terima kasih kepada petani di Kecamatan Lalan Kabupaten Muba, Sumatera Selatan memang hebat, paling tinggi luas tanamnya se- Indonesia, produksi padi naik, jagung naik, kedelai naik, padahal secara nasional produksi kedelai turun," ujar Sembiring.

Dengan meningkatnya produksi kedelai di Kabupaten Muba, Propinsi Sumatera Selatan ini, lanjutnya, maka harga jual kedelai juga harus diatur lagi, dalam upaya tersebut beliau meminta bupati dan pihak terkait turut berperan aktif untuk mengangkat harga kedelai.

"Kita juga akan pikirkan bagaimana harga kedelai tinggi dan akan meminta Bulog mengambil hasil produksi kedelai dari petani jangan sampai impor," tukasnya.

Selain itu, sehubungan dengan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian RI yang baru-baru ini diberikan, ia berpesan agar alsintan tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan baik.

Sementara itu, Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan kedepan Kabupaten Muba akan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) daalm bidang agro tani.

"Negara harus hadir, maka maka kita ingin ada hilirisasi kedepannya. Karena produksi gabah sudah berhasil kita tingkatkan," ungkap Beni.

Beni juga meminta kepada Dirjen Tanaman Pangan agar bantun alsintan di Kabupaten Muba dapat ditambah, untuk dibagikan kepada kelompok-kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muba A Thamrin dalam laporannya mengatakan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI yang telah memberikan bantuan alsintan dan berharap kedepannya ditambah lagi.

Ia juga mengatakan bantuan alsintan tersebut sudah disalurkan kepada petani yang ada di Muba.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Sumsel, Erwin Noorwibowo STp, Kepala Bulog Devisi Regional Sumsel Mansur, Prof Ir Memen Arahman Dosen dari Institute Pertanian Bogor (IPB), Komandan Distrik Militer 0401 Muba Letkol Infantri Ighnatius Wiwoho, Asisten II Setda Muba Ir H Sulaiman Zakaria MT, serta para petani di Kecamatan Lalan. (red/beritamuba
Share To:

redaksi

Post A Comment: